Sabtu, 10 Maret 2012

"Tukang Penjual Abjad"

bismillah...

Tiba-tiba pengen cerita tentang sebuah kehidupan. Ya! Kalian tau kan tukang penjual kayak mainan atau apalah yang penting tukang jualan wee ya, kalo di daerah rumah aku ada yang suka keliling ngejualin kertas abjad abjad, angka angka, ataupun gambar gambar binatang gitu yang dibuat dari selembaran karton yang ditempel di dinding gitu buat bocah bocah, yang harganya berkisar 1000-an deh kalo ga salah. Nah tau kan? itulah yang pengen aku ceritain. Gini looh ada tukang jualan yang ada di daerah rumah aku, kita sebut saja "tukang abjad" karena selalu teriak abjad abjad jadi sebut saja itu hehe, nah tukang itu udah jualan dari jaman dulu aku belum sekolah kali yaaa pasti udah lama banget kan?! Waktu jaman aku kecil aku suka beli gambar gambar abjad, perkalian, dan yang lainnya deh. Disamping semua yang dijual itu, si tukang abjad juga jualan sayuran tapi jarang juga sih dan jualan kaya bola bola ular gitu yang dalemnya ada airnya terus bulet dan ada buntutnya yang terbuat dari kresek belang buntutnya tuh, pada tau kan? tau doong? tau yaa? *kasih tau ga yaa? -__-* udahlah pokonya itu wee ya, nah si tukang abjad itu jualan mainan itu juga dan dulu juga aku suka beli, tapi kalo aku beli jaman sekarang? mana ada ya? aku dikira bocah ingusan lagi beli mainan kayak begituan yang ga sepadan dengan badan aku yang udah gede ini! *lagi lagi ngomongin badan, nyesek brow -_-*. Nah dulu aku suka beli tapi sekarang tidaklah tidak mungkin haha si tukang abjad itu selalu jualan dengan kertas abjad dan bola boli yang dibawa di lengannya dan digendongnya sebuah ransel yang selalu ada di punggunya di setiap saat jualan, juga disetiap jualan selalu mengeluarkan  suara yang lantang "abjad abjad" dan kadang kala ada anak anak yang memanggil untuk membeli mainan tukang abjad itu.

Lanjut, waktu itu mamahku mau beli kertas abjad abjad yang dijual oleh si emang abjad karena ade aku pengen -___-. Lalu tanpa sengaja mamahku bertanya tanya ke si emang gatau nanya apa tah lupa, pokonya secara ga langsung si emang abjad itu curhat dan menceritakan kehidupannya ke mamahku. Dan emang tukang abjad itu menceritakan sedikit kisah di kehidupannya, katanya dia mempunyai keluarga yang sederhana dan memiliki banyak anak yang harus emang itu nafkahi setiap harinya, dan kalian pasti tau kalo tukang jualan yang seperti itu penghasilannya ga seberapa kan? uang yang didapetin setiap harinya pun pasti ga tentu kan? belum lagi barang barang yang dibawa sama si emang abjad itu pasti ga semuanya habis terjual setiap hari, pasti ada beberapa yang kurang laku, dan kalian juga pasti tau kan sekarang itu jaman semakin berkembang pastilah teknologi semakin canggih juga kehidupan yang bertambah modern! kalian ngerti kan sama yang aku omongin? pasti ngerti kan? Gini deh biar lebih jelas, anak anak jaman sekarang pun pastilah sudah ada yang memiliki komputer dan internet di rumahnya masing masing dan punya segala hal mainan yang lebih canggih juga lebih asik mungkin untuk dimainkan, nah pengaruhnya untuk si emang abjad itu adalah anak anak yang dulunya selalu jajan jajan mainan ke emang abjad, laah sekarang jarang banget yang mau beli karena mungkin jika ingin melihat dan mengetahui gambar atau abjad abjad huruf seperti itu kan mudah tinggal liat aja ke internet dan tinggal di-print aja kan? sangat mudah dan praktis untuk anak anak dan para pemakainya juga, mereka tidak perlu menunggu tukang jualan yang lewat dan membelinya untuk sebuah pajangan di dinding maupun membeli mainan untuk sekedar bermain, mereka hanya perlu masuk internet dan dapat menjelajah ke segala apapun yang ingin mereka tau lewat internet, permainan permainan anak pun sering kita temukan di internet kan? Nah itulah yang jadi penyebabnya, pastilah semakin banyak anak yang sudah memakai internet untuk sekedar bermain ataupun belajar, mereka pun pasti enggan membeli mainan atau yang lainnya diluar atau di tukang jualan lain karena sudah bisa melakukannya di rumah. Semakin dunia berkembang dan praktis, pastilah tukang tukang mainan yang jualan di luar pun menjadi kurang diminati dan semakin sepi dengan pembeli.

Oke, lanjut lagi kepada tukang abjad. Kalian pasti udah ngerti kan apa yang aku omongin, jaman sekarang pun sudah semakin semakin deh kalo dibilang, berarti kan semakin kesini semakin jarang banget yang mau beli mainan emang abjad itu. Lah nasib si emang abjad bagaimana jika sekarang sekarang ini saja sudah jarang sekali yang mau membeli mainannya, lama lama pasti bangkrut kan? lalu bagaimana jika profesi menjadi tukang jualan abjad ini hanya profesi satu satunya yang dimiliki oleh emang abjad? bagaiamana jika dia tidak memiliki perkerjaan lain dan tidak berkeja sedangkan dia tau kalau dia harus menafkahi semua anggota keluarganya karena dia memang tulang punggung keluarganya? Nah, itulah yang terfikir pada diriku saat aku melihat tukang abjad itu kelilling komplek rumahku dengan suara lantang yang semakin lama mungkin akan semakin terdengar lunglai karena di setiap siang bolong tukang abjad itu selalu berjualan dengan melangkahkan kakinya untuk beberapa jauhnya jalanan di bawah pancaran sinar matahari yang menyengat.

Kadang hal itulah yang selalu membuatku merasa iba kepada tukang abjad seperti itu, ingin sekali membantu tapi mau bagaimana lagi aku tidak tau cara untuk membantunya karena aku memang sudah tidak ingin membeli mainan seperti itu dan sering kali uang jajanku sehari hari saja sudah habis karna kebanyakan jajan -___-. Ya, kadang setelah melihat tukang abjad atau orang yang lain yang ada diluar sana yang nasibnya kurang baik, barulah aku menyadari arti penting dari kata bersyukur bahwa lebih beruntungnya aku dari mereka semua. Inilah yang membuat aku sadar dan mengerti arti dari bersyukur.

Aku selalu berdoa agar mereka (tukang abjad dan orang lain diluar sana yang kurang beruntung) selalu diberi ketabahan kemudahan dan kekuatan juga bisa mendapatkan kebahagiaan yang utuh juga hidup yang lebih baik lagi Amiin. Yakin Allah SWT maha penyayang dan maha segalanya, yakin Allah pasti bakal ngasih dan mewujudkan apa yang kita inginkan jika kita selalu ingat kepadanya dan mau berdoa juga berusaha akan apa yang ingin kita capai pada saatnya. Amiin :))

Segitu aja dari aku, semoga yang udah baca ini bisa ngambil hikmahnya dan semoga bermanfaat Amiin hehe.

----- UDAHAN -----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar